Headlines
Published On:Monday, February 25, 2013
Posted by Fuad Heriansyah

Modern Electric Engine



Elektrik power_gambar_percobaanSeperti yang telah di jelaskan pada artikel sebelumnya bahwa mesin elektrik pada kendaraan Hybrid memiliki fungsi dan konstruksi yang sangat berbeda, baik dari segi cara kerja dan bahan bakar yang digunakan.

Mesin elektrik pada kendaraan Hybrid saat ini memiliki susunan yang bisa di bilang berbeda dengan mesin
konventional biasa, namun pada jenis kendaraan Hybrid tertentu konstruksi mesinnya merupakan kombinasi antara Honda Hybrid Enginekedua mesin yang tidak dapat dipisahkan antara satu dan yang lainnya. Seperti jenis Seriell-Hybrid yang salah satu mesin elektriknya menjadi satu kesatuan dengan mesin bensin/diesel.

Pada contoh mitsubishi (In wheel motor) juga menggunakan konsep mesin yang sama yaitu synchronous machine yang memiliki prinsip kerja dasar yang sama (mesin elektrik). Para ilmuwan telah lama mengembangkan synchronous machine hingga menemukan konstruksi yang lebih sederhana namun mempunyai kemampuan yang sebanding bahkan lebih dari kemampuan synchronous machine yang terdahulu. Pada saat ini mesin ini mempunyai jenis yang baru yang bisa kita sebut Permanentmagnet synchronous machine. Mesin elektrik ini dapat menghasilkan daya yang cukup besar apabila kita bandingkan dengan ukuran mesin itu sendiri, serta memiliki tingkat efisiensi yang tinggi dan dapat disetel sesuai kebutuhan yang kita perlukan baik sebagai generator(penghasil listrik) atau sebagai penghasil energi dorong yang dibutuhkan kendaraan. Ini merupakan keunggulan Permanentmagnet synchronous machine ketimbang synchronous machine terdahulu.

Pada jenis mesin elektrik ini yang berfungsi sebagai medan magnet permanent(tetap) adalah rotor yang akan kami jelaskan secara lebih detail dengan gambar. Letak Permanentmagnet sangat tergantung pada jenis rotornya ada yang terletak di bagian dalam dan ada juga yang terletak di permukaan. Permanentmagnet ini terbuat dari material(Neodym-Ferrit-Bor atau Samarium-kobalt) yang jarang kita temui. Material ini memiliki tingkat (medan-magnet) yang sangat baik untuk digunakan sebagai rotor. Tergantung dari susunanya, rotor dapat berada didalam ataupun berada diluar Stator.

Kumparan tembaga yang dililitkan pada stator dapat diproduksi baik secara langsung maupun terpisah artinya kumparan tembaga dapat digabungkan dalam satu set atau terpisah. Semua ini tergantung dari jumlah produksi/permintaan pasar.

About the Author

Posted by Fuad Heriansyah on 3:34:00 AM. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By Fuad Heriansyah on 3:34:00 AM. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "Modern Electric Engine"

Leave a reply

About Me

Mari loading Ilmu Untuk Tujuanmu Bentar Lagi ...

Powered by Blogger.